1.24.2015

JENIS - JENIS MESIN PERKAKAS DAN PRODUK YANG DIHASILKAN

JENIS MESIN MESIN PERKAKAS

1. Mesin Bubut


Mesin bubut merupakan salah satu jenis mesin perkakas. Prinsip kerja pada proses turning atau lebih dikenal dengan proses bubut adalah proses penghilangan bagian dari benda kerja untuk memperoleh bentuk tertentu. Di sini benda kerja akan diputar/rotasi dengan kecepatan tertentu bersamaan dengan dilakukannya proses pemakanan oleh pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan ( feeding ). Produk yang dihasilkan dari mesin bubut yaitu  baut, roda gigi, paku dll.

2. Mesin Frais
Mesin frais (milling machine) adalah mesin perkakas yang dalam proses kerja pemotongannya dengan menyayat atau memakan benda kerja menggunakan alat potong bermata banyak yang berputar ( multipoint cutter ). Pisau frais dipasang pada sumbu atau arbor mesin yang didukung dengan alat pendukung arbor. Pisau tersebut akan terus berputar apabila arbor mesin diputar oleh motor listrik, agar sesuai dengan kebutuhan, gerakan dan banyaknya putaran arbor dapat diatur oleh operator mesin frais ( Rasum, 2006 ). Produk yang dihasilkan yaitu digunakan untuk spatour atau panel dari mobil suatu jenis penggunaan, mesin ini memproduksi suku cadang tanpa merubah ukurannya.

3. Mesin Sekrap
Mesin sekrap merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk meratakan suatu permukaan, membuat alur dengan menyayatkan pisau/pahat sekrap pada permukaan benda kerja.
Proses kerjanya ialah dengan mengikatkan benda kerja pada plat penjepit kemudian pisau akan bergerak maju-mundur menyayat benda kerja. Biasanya produk yang dihasilkan yaitu batangan besi atau lembaran besi.

4. Mesin Drill
Mesin bor merupakan mesin perkakas yang berfungsi membuat suatu lubang dan memperbesar lubang. Mesin bor umunya terdiri dari mesin bor meja, bor lantai, bor radial, bor kordinat dan bor tangan.

5. Mesin Gergaji
Mesin gergaji merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda kerja, umumnya benda kerja yang dipotong adalah benda kerja yang cukup besar yang membutuhkan tenaga besar. Mesin gergaji terdiri dari berbagai jenis dan ukuran tergantung kebutuhan.

6. Mesin Gerindra
Mesin gerinda merupakan mesin perkakas yang umumnya digunakan untuk meratakan, mengasah ( pisau/mata bor, pahat dsb. ), menajamkan dan memotong benda kerja. Mesin gerinda umumnya terdiri dari berbagai jenis dan ukuran diantaranya gerinda potong, gerinda tangan, gerinda pahat dll.

7. Mesin CNC
CNC merupakan mesin perkakas dengan sistem otomasi yang  dioperasikan menggunakan program komputer yang telah disimpan di media penyimpanan (komputer).

8. Mesin Press
Mesin press merupakan mesin perkakas yang berfungsi untuk pengepresaan(menekan) bagian plat, bearing, AS yang tidak rata menjadi rata. Mesin press juga digunakan untuk memadatkan suatu tumpukan. Mesin press terdiri dari berbagai jenis dan ukuran tergantung bahan apa yang akan di press.

9. Mesin Las

Mesin las banyak digunakan pada perbengkelan khususnya bengkel las, mesin las umumnya digunakan untuk menyambung logam, memotong logam dsb. Mesin las terdiri dari berbagai jenis antara lain las listrik, las karbit, las astelin, las titik, las potong dll. Produk yang dihasilkan misalnya Jendela besi, lemari besi, meja besi dll.

10. Mesin Lipat Plat
Mesin lipat merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk melipat (menekuk) plat-plat baja dengan sudut-sudut tertentu. Mesin ini sebenarnya hanya menggunakan tenaga manusia untuk melipat plat - plat baja dengan menarik tuas tuas (handle).

11. Mesin Potong
Mesin potong merupakan mesin perkakas yang digunakan untuk memotong plat-palat baja. Umumnya plat yang dapat dipotong adalah plat dengan ketebalan 1-5 mm namun mesin potong yang besar mampu memotong plat 1-20 mm atau lebih tergantung ukuran mesin dan kemampuannya. Biasanya produk yang dihasilkan yaitu besi pelat yang sudah di potong-potong.

GAMBAR HASIL PRODUKSI DARI JENIS PERKAKAS









Next
This is the most recent post.
Older Post

5 komentar:

  1. keren gaaaannn,,,
    thanks gan info nya, sangat bermanfaat sekali,,,
    Daftar Harga dan Spesifikasi Mesin Terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa siss ucapannya......
      smoga dapat bermanfaat yaa.. :)

      Delete
  2. makasih gan. sangat membantu untuk tugas praktikum.
    ijin copas gan :D

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete